Senin, 13 Agustus 2012

RPP alat optik kelas X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 01


I. IDENTITAS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bukittinggi
Kelas / Program : X / Umum
Thn Pelajaran / Semester : 2011/2012 / 2 (dua)
Mata Pelajaran : FISIKA
Jumlah Pertemuan : 4 kali pertemuan

II. STANDAR KOMPETENSI
3. Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik.

III. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif.

IV. INDIKATOR PENCAPAIAN
1. Menganalisa prinsip kerja mata manusia.
2. Menganalisa prinsip kerja kaca mata.
3. Menganalis prinsip kerja kamera.
4. Menganalisa prinsip kerja kaca pembesar (lup)
5. Menganalisa prinsip kerja mikroskop
6. Menganalisa prinsip kerja teleskop

V. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat:
 1. Siswa dapat mendeskripsikan prinsip kerja mata
2. Siswa dapat mendeskripsikan prinsip kerja kaca mata.
3. Siswa dapat mendreskripsikan prinsip kerja kamera.
4. Siswa dapat menerapkan prnsip kerja lup dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kaca pembesar.
4. Siswa dapat menerapkan prinsip mrikroskop dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan mikroskop.
5. Siswa dapat mendeskripsikan prinsip kerja teleskop.
6. Siswa dapat menerapkan prinsip kerja teleskop dalam pembuatan model teleskop.


VI. NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
Rasa ingin tahu, kerja keras, disiplin, kreatif, tanggungjawab

VII. MATERI BELAJAR
- Fungsi dan bagian alat optik; misalnya mata, kacamata, kamera, mikroskop, dan teropong.

VIII. ALOKASI WAKTU
2 kali pertemuan ( 4 x 45 menit)

IX. METODE PEMBELAJARAN
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Observasi
- ekperimen

X. KEGIATAN BELAJAR

PERTEMUAN KE-1 (3 X 45 MENIT)
1. Pendahuluan
o Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b. Memotivasi dengan menyampaikan pertanyaan:
Bagaimanakah prinsip kerja mata manusia?

c. Apersepsi:
Siswa telah menguasai proses pembentukan bayangan pada lensa positif.
d. Menyampaikan tujuan secara garis besar:
Mempelajari prinsip kerja mata dan penerapan kacamata.


(15 menit)

2. Kegiatan Inti
a. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok masing-masing 4 siswa.

b. Setiap kelompok diskusi tentang:
- anatomi mata
- proses pembentukan bayangan pada mata.
- daya akomodasi.
- cacat mata dan cara mengatasinya

c. Siswa latihan soal:
- Seorang anak memiliki titik jauh 2 meter. Tentukan daya kaca mata yang digunakan untuk melihat benda jauh.
- Seorang kakek memiliki titik dekat 60 cm ingin membaca secara normal. Tentukanlah daya kaca mata yang digunakan.


(110 menit)
3. Penutup
a. Menekankan konsep daya akomodasi.
b. Tugas Rumah.
- Jelaskan jenis kaca mata yang sering digunakan oleh orang lanjut usia?
- Mempelajari prinsip kerja Lup
c. Doa
   (10 menit)



PERTEMUAN KE-2 (3 X 45 MENIT)

IDevice IconPertemuan 2 (3 jam)
Tahapan
Kegiatan
Orientasi
(15 menit )
a. Pendahuluan
Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b. Menyampaikan tujuan secara garis besar:
Mempelajari prinsipkerja kamera

c. Memotivasi dengan menyampaikan pertanyaan:
Tahukah kamu bagaimana prinsip kerja kamera?

d. Apersepsi:
Siswa telah memahami prinsip kerja mata
Kegiatan Inti
(60 menit)
a. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok masing-masing 4 siswa.
b. Setiap kelompok diskusi tentang:
- bagian kamera
- fungsi bagian-bagian kamera
- pembentukan bayangan pada kamera.
- Prinsip kerja lup
- Perumusan Perbesaran
 
http://elsmandagiri.com/bambanghartono/image002.2.gif
 
c. Siswa latihan soal:
- Seorang anak mengamati benda renik dengan lup dengan panjang fokus 6 cm. Tentukanlah perbesaran lup apabila mata melihat tak berakomodasi?
 
Penutupan
(15 menit )
a. Menekankan konsep prinsip kerja kamera sama dengan mata.
b. Tugas Rumah.
- Seorang tukang jam mengamati benda sekrup jam dengan lup dengan panjang fokus 6 cm. Tentukanlah perbesaran lup apabila mata melihat berakomodasi?
- Mempelajari prinsip kerja Mikroskop

c. Doa



IDevice IconPertemuan 3 (3 jam)
Tahapan
Kegiatan
Orientasi
(15 menit )
a. Pendahuluan
Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b. Memotivasi dengan menyampaikan pertanyaan:
Apakah kegunaan dari mikroskop?
c. Apersepsi:
Siswa telah memahami prinsik lup.
d. Menyampaikan tujuan secara garis besar:
Mempelajari prinsip kerja mikroskop

Kegiatan Inti
(60 menit)

a. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok masing-masing 4 siswa.
b. Setiap kelompok diskusi tentang:
- bagian mikroskop
- fungsi bagian-bagian mikroskop
- pembentukan bayangan pada mikroskop.
- Perbesaran mikroskop
http://elsmandagiri.com/bambanghartono/image004.2.gif
c. siswa latihan soal:
sebuah benda renik diletakkan pada jarak 2,1 cm dari lensa obyektif mikroskop. Apabila fokus lensa obyektif 2 cm dan fokus lensa okuler 6 cm, tentukanlah perbesaran mikroskop apabila mata berakomodasi pada jarak 90 cm!.
Penutupan
(15 menit )
a. Memastikan bahwa siswa telah menguasi rumus perbesaran pada mikroskop.
b. Tugas Rumah.
- sebuah benda renik diletakkan pada jarak 2,1 cm dari lensa obyektif mikroskop. Apabila fokus lensa obyektif 2 cm dan fokus lensa okuler 6 cm, tentukanlah perbesaran mikroskop apabila mata berakomodasi maksimum!.
- Mempelajari prinsip kerja teleskop
c. Doa

IDevice IconPertemuan 4 (3 jam)
Tahapan
Kegiatan
Orientasi
(15 menit )
a. Pendahuluan
Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b. Memotivasi dengan menyampaikan pertanyaan:
Dalam hal apakah teleskop digunakan?
c. Apersepsi:
Siswa memahami konsep sudut kecil.
d. Menyampaikan tujuan secara garis besar:
Mempelajari prinsip kerja teleskop
Kegiatan Inti
(60 menit)

a. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok masing-masing 4 siswa.
b. Setiap kelompok diskusi tentang:
- Prinsip kerja teropong bintang.
- Prinsip kerja Bagian-bagian teropong bumi
- Perbedaan teropong bias dan pantul.
- Diskusi tentang perumusan.
- panjang teropong
d = f ob + f ok
- perbesaran teropong
http://elsmandagiri.com/bambanghartono/image006.3.gif
c. Siswa latiahn soal
Sebuah teropong bintang menggunakan lensa objektif berfokus 1 meter dan lensa okuler 10 cm. Tentukanlah perbesaran teleskop apabila mata melihat tak berakomodasi? 
Penutupan
(15 menit )

a.   Memastikan bahwa siswa telah menguasi rumus perbesaran pada mikroskop.
b.   Tugas Rumah.
- Sebuah teropong bintang menggunakan lensa objektif berfokus 1 meter dan lensa okuler 10 cm. Tentukanlah panjang teleskop minimum dan maksimumnya?
- mempelajari cara pembuatan model teropong bintang
c. Doa

IDevice IconPertemuan 5 (2 jam)
Orientasi
(15 menit )
a. Pendahuluan
Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b. Memotivasi dengan menyampaikan pertanyaan:
Bagaimanakah mendesain teleskop bintang?.
c. Apersepsi;
Siswa memahami prinsip teropong.
d. Menyampaikan tujuan secara garis besar:
Membuat teropong bintang.
Kegiatan Inti
(60 menit)

a. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok masing-masing 4 siswa.
b. Setiap kelompok diskusi tentang:
- Desain teropong dengan dua lensa positif
- pengukuran focus lensa
c.Satu kelompok presentasi desain teropong
d. Siswa melakukan kegiatan:
- pengukran panjang focus lensa di laboratorium.
- siswa membuat teropong dari kertas karton dan sterioform
e. Satu kelompok presentasi hasil pembuatan teropong.
Penutupan
(15 menit )
a. Mereview prinsip kerja pembuatan teropong.
b. Tugas Rumah.
- Persiapan tes Uji kompetesi
c. Doa


XI. ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR

1. Buku Fisika untuk kelas X SMA/MA, Kamajaya, Grafindo Media Pratama
2. Lembar kerja, alat dan bahan praktikum.
3. CD Buku Sekolah Elektonik (BSE) Fisika SMA.
4. Lingkungan
5. Laptop, proyektor, situs internet.

XII . PENILAIAN HASIL BELAJAR

a. Teknik Penilaian:
Tes tertulis
Penugasan

b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes isian
- Tes uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:

- Contoh tes PG
Seorang siswa ingin melihat benda-benda yang sangat jauh. Apabila siswa tersebut
hanya dapat melihat benda paling jauh 200 cm, maka ia harus menggunakan kacamata
dengan kekuatan ....
A. +1,0 D                                   D.-1,0 D
B. +0,5 D                                    E. -1,5 D
C. -0,5 D
IDevice IconUji Kmpetensi
1. Bagaimakah keadaan focus lensa mata ketika mata melihat benda di tak berhingga.
2. Seseorang memiliki titik jauh 75 cm. Agar dapat membaca buku dengan normal, tentukanlah daya kaca mata yang harus digunakan.
3. Seorang tukang jam mengamati onderdil jam dengan bantuan lup berfokus 20 cm. Dimana benda harus diletakkan agar mata melihat berakomodasi maksimum.
4. Sebuah obyek diletakkan pada jarak 2,2 cm dari lensa obyektif sebuah mikroskop. Apabila focus obyektif 2 cm dan focus okuler 20 cm sedangkan mata melihat dengan tak berakomodasi, maka berapakah perbesaran bayangannya.
5. Sebuah teleskop bumi menggunakan lensa objektif dengan focus I mete, lensa okuler dengan focus 30 cm,dan lensa pembalik dengan focus 10 cm. Tentukanlah perbsaran bayangan dari teleskop apabila mata tak berakomodasi.
                                                                                               Bukittinggi, 10 Januari 2012
                     Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
Kepala SMAN 1 Bukittinggi                            Guru Mata Pelajaran Fisika                                                                   



 Drs. TASWAR, SE,M.Pd                              YANTY SOVINA,S.Pd, M.Si
 NIP. 19590512 198602 1 004                        NIP. 19720103 199702 2 004


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar