Rabu, 23 Oktober 2013

REMEDI MID SEM 1 KELAS XII 2013

REMEDI MID SEM 1 KELAS XII 2013
(KIRIMKAN KE EMAIL yantysovina@yahoo.co.id seminggu  sebelum ujian sem 1)

1. Persamaan gelombang berjalan y = 0,06 sin ( 16πt + 0,2 πx). Jika x dan y dalam cm dan t   dalam sekon. tentukan 
  a.      Panjang gelombang 
  b.      Frekuensi getaran
  c.      Arah rambat gelombang



     2. Seutas tali sepanjang 8 m  yang salah satu ujungnya terikat digetarkan sehingga terbentuk gelombang       stationer. Jika gelombang stationer   yang terjadi memiliki simpul sebanyak 6 buah , amplitudo  12 cm dan frekuensi 40 Hz. 
      Tentukan

a.       Kecepatan gelombang tersebut

b.      Simpangan titik pada jarak  5 m dari ujung terikat dan saat t = 0,1 sekon.

c.       Posisi perut ke lima dari asal getaran



  3.   Pada percobaan Melde digunakan tali yang memiliki massa 0,8 kg setiap meternya . Pada ujung tali yang terhubung dengan katrol di gantungi beban 8 kg . Vibrator kemudian digetarkan dengan frekuensi 20 Hz dan Amplitudo 0,04 m sehingga gelombang merambat ke kanan.  Tentukan

a.       Cepat rambat gelombang tranversal pada tali.

b.      Fase gelombang pada titik 0,2 m dan saat t = 0,1 sekon. 

4.Dua pipa organa terbuka A dan B ditiup bersama-sama. Pipa A menghasilkan nada dasar yang sama tinggi  dengan nada atas kedua pipa B. Maka perbandingan panjang pipa organa A dengan pipa organa B adalah ... .

 5. Seorang penerbang yang pesawat terbangnya mendekati menara bandara mendengar bunyi sirine menara  dengan frekuensi 2.000 Hz. Jika sirine memancarkan bunyi dengan frekuensi 1.700 Hz, dan cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, maka kecepatan pesawat udara adalah ... . 

6. Sebuah sumber bunyi mempunyai taraf intensitas 6 dB. Bila 10 buah sumber bunyi yang sama berbunyi secara serentak, berapa taraf intensitas yang dihasilkan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar