RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 01
I.
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Nama
Sekolah : SMA Negeri 1 Bukittinggi
Kelas
/ Program : X / Umum
Thn
Pelajaran / Semester : 2011/2012 / 2 (dua)
Mata
Pelajaran : FISIKA
Jumlah
Pertemuan : 4 kali pertemuan
II.
STANDAR KOMPETENSI
3.
Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik.
III.
KOMPETENSI DASAR
3.1
Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif.
IV.
INDIKATOR PENCAPAIAN
1. Menganalisa prinsip kerja mata manusia.
2. Menganalisa prinsip kerja kaca mata.
3. Menganalis prinsip kerja kamera.
4. Menganalisa prinsip kerja kaca pembesar (lup)
5. Menganalisa prinsip kerja mikroskop
6.
Menganalisa prinsip kerja teleskop
V.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta
didik dapat:
1. Siswa dapat
mendeskripsikan prinsip kerja mata
2. Siswa dapat mendeskripsikan prinsip kerja kaca
mata.
3. Siswa dapat mendreskripsikan prinsip kerja kamera.
4. Siswa dapat menerapkan prnsip kerja lup dalam
menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kaca pembesar.
4. Siswa dapat menerapkan prinsip mrikroskop dalam
menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan mikroskop.
5. Siswa dapat mendeskripsikan prinsip kerja teleskop.
6. Siswa dapat menerapkan prinsip kerja teleskop dalam
pembuatan model teleskop.
VI.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
Rasa
ingin tahu, kerja keras, disiplin, kreatif, tanggungjawab
VII.
MATERI BELAJAR
-
Fungsi dan bagian alat optik; misalnya mata, kacamata, kamera, mikroskop, dan
teropong.
VIII.
ALOKASI WAKTU
2
kali pertemuan ( 4 x 45 menit)
IX.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Model : - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Observasi
-
ekperimen
X.
KEGIATAN BELAJAR
PERTEMUAN KE-1 (3 X 45 MENIT)
1. Pendahuluan
o Memberi salam dan mengecek
kehadiran siswa
b. Memotivasi dengan menyampaikan
pertanyaan:
Bagaimanakah prinsip kerja mata manusia?
c. Apersepsi:
Siswa telah menguasai proses pembentukan bayangan
pada lensa positif.
d. Menyampaikan tujuan secara garis besar:
Mempelajari
prinsip kerja mata dan penerapan kacamata.
|
(15 menit)
|
2. Kegiatan Inti
a. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok
masing-masing 4 siswa.
b. Setiap kelompok diskusi
tentang:
- anatomi mata
- proses pembentukan bayangan pada mata.
- daya akomodasi.
- cacat mata dan cara mengatasinya
c. Siswa latihan soal:
- Seorang anak memiliki titik jauh 2 meter. Tentukan
daya kaca mata yang digunakan untuk melihat benda jauh.
- Seorang
kakek memiliki titik dekat 60 cm ingin membaca secara normal. Tentukanlah
daya kaca mata yang digunakan.
|
(110 menit)
|
3. Penutup
a. Menekankan konsep daya
akomodasi.
b. Tugas Rumah.
- Jelaskan jenis kaca mata yang sering digunakan
oleh orang lanjut usia?
- Mempelajari prinsip kerja Lup
c. Doa
|
(10 menit)
|
PERTEMUAN KE-2 (3 X 45 MENIT)
Pertemuan 2 (3 jam)
Tahapan
|
Kegiatan
|
Orientasi
(15 menit
)
|
a. Pendahuluan
Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b. Menyampaikan tujuan secara
garis besar:
Mempelajari prinsipkerja kamera
c. Memotivasi dengan menyampaikan
pertanyaan:
Tahukah kamu bagaimana prinsip kerja kamera?
d. Apersepsi:
Siswa telah memahami prinsip kerja mata
|
Kegiatan
Inti
(60 menit)
|
a. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok
masing-masing 4 siswa.
b. Setiap kelompok diskusi
tentang:
- bagian kamera
- fungsi bagian-bagian kamera
- pembentukan bayangan pada kamera.
- Prinsip kerja lup
- Perumusan Perbesaran
c. Siswa latihan soal:
- Seorang anak mengamati benda renik dengan lup
dengan panjang fokus 6 cm. Tentukanlah perbesaran lup apabila mata melihat
tak berakomodasi?
|
Penutupan
(15 menit
)
|
a. Menekankan konsep prinsip kerja
kamera sama dengan mata.
b. Tugas Rumah.
- Seorang tukang jam mengamati
benda sekrup jam dengan lup dengan panjang fokus 6 cm. Tentukanlah perbesaran
lup apabila mata melihat berakomodasi?
- Mempelajari prinsip kerja Mikroskop
c. Doa
|
|
|
Pertemuan 3 (3 jam)
Tahapan
|
Kegiatan
|
Orientasi
(15 menit
)
|
a. Pendahuluan
Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b. Memotivasi dengan menyampaikan
pertanyaan:
Apakah kegunaan dari mikroskop?
c. Apersepsi:
Siswa telah memahami prinsik lup.
d. Menyampaikan tujuan secara garis besar:
Mempelajari prinsip kerja
mikroskop
|
Kegiatan
Inti
(60 menit)
|
a. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok
masing-masing 4 siswa.
b. Setiap kelompok diskusi
tentang:
- bagian mikroskop
- fungsi bagian-bagian mikroskop
- pembentukan bayangan pada mikroskop.
- Perbesaran mikroskop
c. siswa latihan soal:
sebuah benda renik diletakkan pada jarak 2,1 cm dari
lensa obyektif mikroskop. Apabila fokus lensa obyektif 2 cm dan fokus lensa
okuler 6 cm, tentukanlah perbesaran mikroskop apabila mata berakomodasi pada
jarak 90 cm!.
|
Penutupan
(15 menit
)
|
a. Memastikan bahwa siswa telah
menguasi rumus perbesaran pada mikroskop.
b. Tugas Rumah.
- sebuah benda renik diletakkan
pada jarak 2,1 cm dari lensa obyektif mikroskop. Apabila fokus lensa obyektif
2 cm dan fokus lensa okuler 6 cm, tentukanlah perbesaran mikroskop apabila
mata berakomodasi maksimum!.
- Mempelajari prinsip kerja
teleskop
c. Doa
|
Pertemuan 4 (3 jam)
Tahapan
|
Kegiatan
|
Orientasi
(15 menit
)
|
a. Pendahuluan
Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b. Memotivasi dengan menyampaikan
pertanyaan:
Dalam hal apakah teleskop digunakan?
c. Apersepsi:
Siswa memahami konsep sudut kecil.
d. Menyampaikan tujuan secara
garis besar:
Mempelajari prinsip kerja teleskop
|
Kegiatan
Inti
(60 menit)
|
a. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok
masing-masing 4 siswa.
b. Setiap kelompok diskusi
tentang:
- Prinsip kerja teropong bintang.
- Prinsip kerja Bagian-bagian teropong bumi
- Perbedaan teropong bias dan pantul.
- Diskusi tentang perumusan.
- panjang teropong
d = f ob + f ok
- perbesaran teropong
c. Siswa latiahn soal
Sebuah teropong bintang menggunakan lensa objektif
berfokus 1 meter dan lensa okuler 10 cm. Tentukanlah perbesaran teleskop
apabila mata melihat tak berakomodasi?
|
Penutupan
(15 menit
)
|
a. Memastikan
bahwa siswa telah menguasi rumus perbesaran pada mikroskop.
b. Tugas
Rumah.
- Sebuah teropong bintang menggunakan lensa objektif
berfokus 1 meter dan lensa okuler 10 cm. Tentukanlah panjang teleskop minimum
dan maksimumnya?
- mempelajari cara pembuatan model teropong bintang
c. Doa
|
Pertemuan 5 (2 jam)
Orientasi
(15 menit
)
|
a. Pendahuluan
Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa
b. Memotivasi dengan menyampaikan
pertanyaan:
Bagaimanakah mendesain teleskop bintang?.
c. Apersepsi;
Siswa memahami prinsip teropong.
d. Menyampaikan tujuan secara
garis besar:
Membuat teropong bintang.
|
Kegiatan
Inti
(60 menit)
|
a. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok
masing-masing 4 siswa.
b. Setiap kelompok diskusi
tentang:
- Desain teropong dengan dua lensa positif
- pengukuran focus lensa
c.Satu kelompok presentasi desain
teropong
d. Siswa melakukan kegiatan:
- pengukran panjang focus lensa di laboratorium.
- siswa membuat teropong dari kertas karton dan
sterioform
e. Satu kelompok presentasi hasil
pembuatan teropong.
|
Penutupan
(15 menit
)
|
a. Mereview prinsip kerja
pembuatan teropong.
b. Tugas Rumah.
- Persiapan tes Uji kompetesi
c. Doa
|
XI.
ALAT/BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Buku Fisika untuk kelas X SMA/MA, Kamajaya, Grafindo Media Pratama
2.
Lembar kerja, alat dan bahan praktikum.
3.
CD Buku Sekolah Elektonik (BSE) Fisika SMA.
4.
Lingkungan
5.
Laptop, proyektor, situs internet.
XII
. PENILAIAN HASIL BELAJAR
a.
Teknik Penilaian:
−
Tes
tertulis
−
Penugasan
b.
Bentuk Instrumen:
-
Tes
PG
-
Tes
isian
-
Tes
uraian
-
Tugas
rumah
c.
Contoh Instrumen:
-
Contoh tes PG
Seorang
siswa ingin melihat benda-benda yang sangat jauh. Apabila siswa tersebut
hanya
dapat melihat benda paling jauh 200 cm, maka ia harus menggunakan kacamata
dengan
kekuatan ....
A.
+1,0 D D.-1,0
D
B.
+0,5 D E. -1,5 D
C.
-0,5 D
Uji Kmpetensi
1. Bagaimakah keadaan focus lensa
mata ketika mata melihat benda di tak berhingga.
2. Seseorang memiliki titik jauh 75
cm. Agar dapat membaca buku dengan normal, tentukanlah daya kaca mata yang
harus digunakan.
3. Seorang tukang jam mengamati
onderdil jam dengan bantuan lup berfokus 20 cm. Dimana benda harus diletakkan
agar mata melihat berakomodasi maksimum.
4. Sebuah obyek diletakkan pada
jarak 2,2 cm dari lensa obyektif sebuah mikroskop. Apabila focus obyektif 2 cm
dan focus okuler 20 cm sedangkan mata melihat dengan tak berakomodasi, maka
berapakah perbesaran bayangannya.
5. Sebuah teleskop bumi menggunakan
lensa objektif dengan focus I mete, lensa okuler dengan focus 30 cm,dan lensa
pembalik dengan focus 10 cm. Tentukanlah perbsaran bayangan dari teleskop
apabila mata tak berakomodasi.
Bukittinggi,
10 Januari 2012
Mengetahui
Kepala SMAN 1
Bukittinggi Guru
Mata Pelajaran Fisika
Drs. TASWAR,
SE,M.Pd YANTY SOVINA,S.Pd, M.Si
NIP. 19590512 198602
1 004 NIP. 19720103 199702 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar